Selasa, 26 Maret 2013

PLAN, PENDING~CANCEL. AGAIN!


“Hooooaaam, jam berapa sih ini? eh baru jam setengah tujuh ternyata.” Gue ngambil hp di atas bantal tidur sekaligus ngecek dengan mata yang cenderung pengen merem ini apa ada sms tadi malem yang gue nggak bales gara-gara ketiduran. Biasa kan, namanya aja ketiduran. Kan nggak tau. Hehe. Habis, gue meleknya sampe malem juga sih, jam satu dini hari aja gue belum tidur. hebat nggak sih? Haha. Demi nonton film gratisan di salah satu chanel tv, ya kenapa enggak dimanfaatin. Toh gue nggak perlu sibuk download film yang gue taksir itu. Kan lama kalo harus buka youtube, dan ngedownlaoad film. Belum lagi kalo lola. Uhh, paling sebel gue nunggunya. Enak sih, udah ada subtitle nya. Nggak perlu pusing pusing mikir double buat menganalisis jalan cerita dan mikir itu aktris aktor pada ngomong apa. Soalnya, kadang-kadang suka nggak ada subtitlenya kalau gue download di youtube. Tapi rugi juga sih sebenernya nonton film gratisan. Kan udah di sensor! Haha. Nggak usah kaget gitu ah, namanya juga ABG labil. Hihih
            “tapi, pagi-pagi gini kalo gue bangun juga buat apa sih ya? Orang tua lagi pergi. Adik gue kan udah pinter main keluar rumah. Jadi, cuss dah lanjutin mimpi yang tertunda.” Gue ngomong sendiri dengan nada yang sangat lirih sambil garuk-garuk kepala. Nggak gatel kok. pengen aja J.Dengan sigap, gue tarik lagi tuh selimut yang tadinya udah turun sampai setengah badan jadi penuh nutup seluruh badan gue.
“untung jendela belum ada yang berani ngebukain. Nggak kebayang nih kaya apa dinginnya kalo pagi-pagi udah banyak angin yang berebutan masuk ke kamar buat ngejailin gue biar gue nggak bisa tidur sampai siang.” Uniknya gue, dalam keadaan ngantuk kaya ginipun masih bisa ngedumel dalam hati. Hmmm.
~ameliora~
            “nin, bangun lo! Nggak tau apa ini udah siang? Mandi tuh! Nggak Cuma tidur aja yang lo pikirin.” “apaan sih lo kak? Bisa diem nggak. Ngganggu kesenengan itu dosa, tau!” Tapi emang dasar ya, baru gue bilangin kaya gitu aja kakak gue udah langsung sampai ke kamar dan narik-narik selimut gue.
 “eh sialan lo!” gue jengkel karena kak nanda ngotot ngebangunin gue.
“biarin, weeee. Makanya, jadi cewek jangan males-males banget. Mana ada coba cowok yang mau ngedeketin elo.” Errghh. Dasar kak nanda. Nggak bisa apa ngelihat orang seneng dikit. Kerjaannya ganggu mulu. Coba aja besok. gue bakal balas dendam.
“iya, gue bangun. Puas lo?” yaudah deh, akhirnya dengan sangat terpaksa, gue bangun. Udah ilang kan rasa ngantuk gue di ganggu dia. Udah gitu, dia main ngilang aja kaya nggak punya dosa.
Nggak tau kenapa, gue pengen aja ngebantah perintahnya kak nanda. Di suruh mandi, menurut gue sama aja kaya disuruh nonton tv. Haha. “acara apaan sih nih nggak ada yang bagus.” Remote yang gue ambil terus aja gue pencet-pencet tombol nomornya. Siapa tahu ada yang bagus. Males aja kan, pagi pagi  udah disuguhi sinetron.
“ini boleh juga di tonton. Lumayan lah dari pada sinetron.” Sekedar info aja nih ya. Meski gue udah SMA kelas satu dengan umur gue yang hampir 16 ini, gue nggak pernah bosen tuh kalo disuruh nonton spongebob. Bayangin aja, dari kecil sampe sekarang tontonannya itu mulu. Bahkan dari libur atau sekolahpun gue juga nontonnya itu. Tapi, jangan salah. Muka gue nggak kaya spongebob kok. Hehe. Di balik itu, nggak tau kenapa, gue paling benci sama yang namanya sinetron. Yah, lebay aja kalau menurut gue. Pertama ngebosenin. Kedua, cuma muter-muter aja deh kayaknya semua sinetron. Ketiga, pasti pemeran utamanya make jasa aktris atau aktor yang lagi naik daun. Emang sinetron disini nyari isi cerita apa pemainnya sih?. Keempat, pasti bagusnya cuma diawal episode doang. Dan kelima alias yang terakhir dan yang paling penting. Kenapa sih semua sinetron mayoritas bisa ditebak dari awal ceritanya?nggak surprise banget kan? Apalagi nih, gue bocorin ya. Gue paling suka kalo di kasih surprise. Tapi yaudah lah ya, ngapain gue jadi curhat. Duh duuhh.
~ameliora~
Byuuurr. Byurrr. “tiba –tiba, cinta datang kepadaku.. disaat ku mulai mencari cinta. Tiba-tiba cinta datang kepadaku.. ku harap dia rasakan yang sama.” Nyanyi adalah salah satu kebiasaan gue di kamar mandi. Makin dingin bukannya makin tambah cepet-cepet mandinya tapi malah tambah lama gara-gara nyanyi. Haha. Cukup lama gue mandi, akhirnya gue sampe kamar dengan lari maraton biar nggak tambah dingin. Brrrr.
Nggak cukup sekali pagi ini gue ngaca. Gue seneng banget. Bukan karena baju baru. Apalagi peralatan make up baru. Gue kan paling males kalau disuruh dandan. Tapi, pagi ini gue bakalan ketemu sama cowok gue. Walaupun udah biasa gue ketemu, tapi pagi ini beda. Soalnya, dari tadi malem gue udah berdoa sama Tuhan biar di kasih semangat buat ketemuan sama dia. Gue nggak berharap apa-apa kok. Gue cuma berharap hari ini Tuhan menghapus sederet ganjelan yang bakal mengganggu acara gue sama dia. Tuhan emang baik. Dia udah ngabulin apa mau gue. Ortu pergi. Adik gue main. Kakak gue pergi makan sama temen-temennya. Kurang apa coba? Wajar aja kan kalau gue tambah semangat?
Mungkin kalian bakal nganggep gue lebay. Tapi tunggu dulu. Harapan gue sama Tuhan bukan ada maksud buat cari-cari kesempatan kok. Walaupun  pasti ada kesempatan. Hehe. Eiits, please ya, nggak usah mikir yang aneh-aneh. Gue punya alasan buat semua itu kok.
~ameliora~
“aku tak pernah takut-takut untuk bilang no, no, no, no, no. Aku masih anak sekolah belum tepat belum tepat waktunya. Kalau sekedar hanya berteman, aku katakan yes, yes, yes, yes. Nanti-nanti dulu. Wo ow ow. Nanti-nanti dulu wo o o o ooo.” Drrrttt.drrrrt. Baru sebait gue nyanyi—yang lagu itu nggak nyambung tapi tiba-tiba muncul karena lagi jadi trending topik di kelas gue— hp gue getar. Pasti lah ini ada sms.
From : Vino
To      : Nindy
sayang, maaf disini hujan. L
Dengan refleks gue baca sms dia.
“huaaaaah, kalah lagi nih./ iya kamu sa. Kan harusnya agak munduran dikit./ Ya jangan salahin aku dong va, emang kamu bisa mainnya?” adik gue sama temennya sahut-sahutan bikin rame kamar gue gara-gara cuma ngegame angry bird. Dan saking asyiknya mereka, gue bersyukur. Karena dengan itu gue yakin kalau mereka pasti nggak sadar akan perubahan di wajah gue yang sebelumnya ikut asik ngegame bareng mereka dan sesaat berubah masam.
“ayo dong sa,  masak dari tadi kalah mulu sih kamu./ Susah tau. Nggak usah komentar dulu deh va kamu. Bikin tambah pusing. /iya, emang susah va. Dari tadi aja kak nindi juga nggak bisa- bisa kan? Tunggu aja. Apa kamu pengen nyoba juga va?” gue mencoba untuk gabung lagi dan asik ngegame bareng mereka. Gue sengaja nggak ngebales sms dari vino dengan alasan bahwa gue udah nebak aja pasti dia nggak bakal jadi dateng ke rumah gue buat ketemuan. Baca sms dia yang kaya gitu aja udah jadi sinyal yang nyiptain feeling  buruk yang bakal terjadi hari ini.
Tapi gue nggak bisa ngebohongi gue sendiri. Walaupun gue berniat kaya apapun untuk asik ngegame lagi, pikiran gue nggak pernah jauh dari dia. Lebih tepatnya dari sms dia yang bikin gue sedikit menutup harapan gue. “yes, yes, yesss! Akhirnya menang juga kan va? Kamu sih ngga sabaran./ haha. Iya,iya. Maaf deh sa./ Toss dulu dong kalau gitu.” Ceplaaak. Mereka bersemangat banget tossnya. Kaya dapet apa aja ah. Tapi, ya itulah sensasi ngegame. Cuma bisa dirasain sama orang yang bersangkutan. Jadi, jangan heran kalau ada orang ngegam terus histeris gitu.
Sebentar gue berpaling buat ngelupain agenda gue hari ini bareng vino, sms itu mengiang lagi di pikiran gue. Tapi gue tetep belum mau baca sms itu. Kayaknya bakalan sakit deh kalo dilanjutin smsannya. Secara, dengan smsan itu, gue bakal masih terus-terusan berharap sama hal yang nggak bakal terjadi dan kemungkinan akan hal itu sudah hampir penuh persentasinya. Karena gue nggak bisa ngapa-ngapain sekarang, gue putusin buat ngetik kekecewaan gue di hp, dan gue save. Mungkin itu cara terbaik biar gue sedikit lega walaupun sambil nahan ngilu di dada gue. Hufftt.
“nah kan. Kamu main sekali aja kalah terus va. Mana mousenya biar aku yang hajar.” Adik gue berlaga layaknya dia memang satu-satunya yang bisa ngegame di kamar itu. Gue cuma ngelihatin mereka aja. Ternyata dugaan gue sebelumnya salah. Gue tetep nggak bisa jauh dari bayang smsnya vino.
Yasudahlah, kali ini gue nyerah. Gue bales smsnya dia dengan
From : Nindy
To      : Vino
yaudah.
Send, sebenernya gue ngebales supaya dia lega aja sih. Setelag gue menekan tombol send, gue kembali ke aktivitas semula.
Drrrtt
Hape gue kembali bergetar, dan gue bergegas untuk membuka message itu.
From : Vino
To      : Nindy
di situ hujan sayang?
            Sebenernya gue males banget buat ngebaca ini sms, udah engga ada pengennya sama sekali. Tapi, ya sekali lagi. Ini gue lakuin dengan setengah hati supaya dia lega aja.
From : Nindy
To      : Vino
gerimis.
Send, gue stay bales singkat
Drrrt
Ponsel gue kembali bergetar yang menandakan ada message yang masuk. Gue udah nebak kalau message itu dari si Vino, dengan males yang tingkat tinggi gue buka message itu.
From : Vino
To      : Nindy
kok balesnya nggak ikhlas banget sih?
Kok dia yang protes sih? Bukannya harusnya gue? Curang! Dia yang terbelit-belit mau dateng aja gue engga protes, udah gue tahan ini. Eh, si dia. Enak banget protesnya. Dengan bete tingkat tinggi gue ngebales sms nya lagi.
From : Nindy
To      : Vino
gerimis sayang.
 Send, gue melempar ponsel gue setelah menekan tombol itu. Sampek detik ini gue coba sabar aja dulu ya. Gue coba!
Beberapa menit kemudian hape gue kembali bergetar.
From : Vino
To      : Nindy
ah nggak asik kamu. Kaya nggak ikhlas.
Aduh, dia sih nggak tau rasanya hati gue kayak apa. Coba kalau dia ngrasain juga. Uhh. Tapi gue tetep sabar, meski masih ngilu. Dan gue kembali deengan terpaksa ngebales smsnya dia, terpaksa!
From : Nindy
To      : Vino
di situ deres ya?
Send, sekarang giliran deh gue yang tanya. Gue yang munafik ini tetep stay munafik ngebaik-baikin dia.
1 new message tertera gamblang di layar hape gue.
From : Vino
To      : Nindy
kamu kenapa sih? Jangan gitu dong.
Loh? Gimana sih. Bukannya jawab malah bales kaya gitu. Hadeeeh. –__-‘’ maunya apa coba? Dengan males yang masih nemplok di diri gue, gue kembali ngebales messagenya.
From : Nindy
To      : Vino
yaudah lah ya. Terus sekarang gimana lagi coba?
Send, gue coba untuk cuek, meski masih berharap dia tetep dateng. Berharap banget!
Engga lama, ponsel gue bergetar untuk yang kesekian kalinya.
From : Vino
To      : Nindy
ya maaf.
Hah? maaf? Hmm gue diem aja habis itu. Gue nggak pengen aja nerusin sms gue sama dia. Nggak mau lebih ngilu.
Tapi belum lama dari itu, dia sms lagi.
From : Vino
To      : Nindy
Eh sayang. Ternyata udah reda nih.
 Dan gue tetep nggak bales. Alasan gue tetep sama kok. nggak mau tambah ngilu gara-gara udah tau kalau dia nggak bakal dateng.
Drrrrt.drrrttt. baru juga beberapa menit, hp gue getar.
From : Vino
To      : Nindy
sayang?
Aduh, panggilan itu yang mengurungkan niat gue buat nggak bales.
From : Nindy
To      : Vino
apa?
Send, meski gue balesnya agak judes, intinya gue tetep bales kan?
From : Vino
To      : Nindy
yaudah kalau gitu, aku kira kamu tidur
Cuma gitu aja balesnya? Gila! Gue kira dia mau ngomong kalo di ajadi dateng. Arrggh.
From : Nindy
To      : Vino
aku enggak tidur.
Send, hening. Setelah beberapa menit dan beberapa kali gue lirik hp gue, tetep aja belum ada sms masuk. Buktinya hp gue masih tenang aja tuh. Belum bergetar sama sekali. Bahkan sekarang gue punya hobi baru selain nyanyi. Hari ini gue nafsu banget nengokin jam dinding. Bahkan lebih nafsu dari pada ngambil sepiring nasi buat mengganjal perut gue yang udah keroncongan dari tadi.
“sedetik menunggumu di sini seperti seharian.
Berkali kulihat jam ditangan demi membunuh waktu.
Sekali ini ku mohon padamu, ada yang ingin ku sampaikan, sempatkanlah.
Hampa besar dan amarah seluruhnya ada di benakku.
Andai seketika hati yang tak terbalas, oleh cintamu.
Ku ingin marah, melampiaskan. Tapi ku hanyalah sendiri disini.
Ingin ku tunjukkan pada siapa saja yang ada bahwa hatiku kecewa.”
 Refleks aja gue nyanyi lagu yang di pernah di populerkan oleh BCL itu. Mewakilkan banget. Ya Tuhan, padahal harapan yang udah gue kubur tadi sempet muncul lagi waktu dia bilang hujan udah reda. Ngilu gue udah sedikit berkurang tau dia bakal dateng. Tapi apa? Itu bukan  tanda  kalau dia bakal dateng. Tau nggak, itu bener-bener kaya harapan tapi harapan yang bikin sakit. Ada nggak sih harapan yang bikin sakit? :-\
“udah sana. Pada keluar. Laptopnya mau kakak pakai.” Dengan kompak mereka berdua langsung keluar. Kaya udah sadar diri bahwa mereka memang harus ngasih waktu kakaknya buat sendiri dulu. Memang kelihatannya lebay. Tapi ini bener-bener sakit. Gue ngrasain ngilu itu tambah hebat. Dari tadi malem gue berdoa sama Tuhan dengan segala permintaan gue tadi. Akhir-akhir ini gue semakin kehilangan feel dari dia. Rasanya semakin pudar aja layaknya baju yang sering dijemur di bawah terik matahari setiap harinya. Warnanya semakin nggak jelas. Semakin hilang.
Dari itu gue berharap banyak, supaya hari ini, gue bisa ngrasain feel itu lagi dari kedeketan kami. Bisa memupuk biar ini semua nggak menghilang liar dan bisa gue kontrol. Biar bisa dapet feelnya kaya dulu pertama gue ngrasain itu. Biar mawar merah di hati gue nggak layu karena gue masih mau dia. Masih pengen bertahan buat dia. Karena sayang.
Tapi kaya apa sih rasanya ketika elo udah berharap banyak tapi harapan itu dihapus gitu aja? Bisa bayangin nggak, ketika elo punya planning buat tamasya, udah nyiapin baju, masak banyak makanan, uang, alas, ngundang seluruh keluarga besar elo buat ikut tamasya, sewa mobil, tapi tiba-tiba waktu udah sampe tempat tujuan malah tempat tempat tujuan itu tutup tanpa alasan. Kecewanya kaya apa sih? Ya sama kaya gue. Di sini gue lagi berjuang biar gue tambah sayang sama dia. Minimal tetep sayang dan jauh dari kata males atau bosen. Tapi, first step gue gagal. Gue harap berikutnya nggak akan gagal. Karena mungkin itu yang buat gue putus asa buat tetep bertahan.
Beruntungnya, di kamar gue ada tempat sampah. Jadi gue nggak perlu memaksa badan gue yang udah nggak mood buat jalan ke dapur cuma buat membuang tissue yang udah basah dan menggunung. Satu lagi. Gue juga harus berbalik dari posisi berbaring gue semula karena sebagian bantal gue basah.
Tidak selamanya yang kita indahkan diindahkan pula.
Kadang, dianggap sepele.
Tidak berarti.
Tapi, cobalah telusuri setiap rasa yang ada.
Tidak selamanya indah, bukan?
Kita tahu, tapi tidak benar-benar tahu.
Hanya melegalkan opini sendiri tak berarti legal.
Hanya anggapan, jangan memutuskan.
Cobalah, sentuh hati gelisah itu.
Jangan karma menjemputmu baru tahu tulusnya itu.
Jangan biarkan hilang memudar.
Jemput, sentuh hati.
~ameliora~
17-02-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar